Peran Keluarga dalam Pemulihan Kecanduan

Peran Keluarga dalam Pemulihan Kecanduan

Kita semua sadar akan kehidupan dan siklus hidup manusia. Antara kelahiran dan kematian, ada banyak hal yang terjadi yang membentuk identitas kita. Ada sifat-sifat tertentu yang bawaan atau diwariskan dan kemudian ada beberapa karakter yang kita bangun ketika kita melewati keadaan dan situasi tertentu, yang menambah identitas kita di berbagai titik waktu. Sekarang pertanyaan saya di sini adalah- Apa yang Anda mengidentifikasi identitas pertama Anda?

Kelahiran; nama Anda diberikan oleh keluarga Anda; sekolah berdasarkan nama orang tua; kuliah berdasarkan nama dan tanda orang tua Anda; resume Anda membutuhkan ‘detail keluarga Anda; bio-data Anda untuk pernikahan membutuhkan detail keluarga Anda. Jadi di mana-mana, keluarga adalah yang utama, yang menjadikannya identitas pertama Anda.

Alasan saya mengutip poin ini adalah bahwa keluarga memiliki perannya di mana-mana. Bahkan dalam kecanduan, ia memiliki keterlibatan tegas. Ketergantungan dikenal sebagai Penyakit Keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga memiliki peran penting dalam mengaktifkan kecanduan dan mengakhirinya juga.

Begitu seorang pecandu dirawat dan memulai perjalanan pemulihannya, peran Anda sebagai keluarga tidak hanya berakhir di situ. Justru itu hanya permulaan dan Anda harus memastikan bahwa orang yang Anda cintai membawanya jauh. Tanpa pengetahuan dan dukungan Anda, itu tidak akan mungkin terjadi. Ada beberapa langkah pasti yang harus Anda ambil sebagai keluarga, sehingga seluruh keluarga Anda dapat menikmati kehidupan pemulihan yang tenang dan bahagia.

Be Alert and On the Watch

Jangan melakukan kesalahan yang sama lagi. Memiliki emosi yang melekat pada seseorang mungkin bukan sesuatu yang dapat Anda kendalikan, tetapi langkah pasti yang dapat diambil adalah menjaga emosi tetap berada di bawah kendali Anda.

Anda seharusnya tidak menjadi terlalu emosional setiap kali pecandu Anda yang sedang pulih berusaha untuk menjebak Anda. Anda harus ingat, semua hal yang dia lakukan sebelumnya. Jika ada kelebihan perilaku apa pun, yang menurut Anda, sebelumnya digunakan, untuk digunakan karena zat, Anda harus segera menyadarinya dan mengambil langkah sulit. Anda harus melepaskan sifat mudah tertipu Anda dan menjadi lebih bijaksana.

Waspadai kegiatan rutin dan hariannya. Percayalah padanya apa yang dia lakukan, tetapi tidak begitu membabi buta bahwa dia akan membawa Anda untuk naik. Ketahuilah bahwa dia tidak seharusnya menganggap Anda begitu saja. Suruh semua pertanyaan Anda dijawab tentang segala penyimpangan yang Anda lihat atau dengar dengan jelas.

Selalu bahas langkah apa pun yang dia ingin buat dan kemudian pertimbangkan kepraktisan dan keuntungannya, Anda dapat memutuskan untuk membiayai atau mendukungnya. Tapi jangan terlalu defensif dan meragukan kemampuannya. Itu pekerjaan yang sulit, bukan?

Jangan Biarkan Dia Gratis

‘Pikiran kosong adalah bengkel iblis’. Anda pasti sudah mendengar ini sejak kecil. Jadi ketika Anda meninggalkannya tanpa kerja atau keterlibatan dalam keluarga, ia akan menyeret dirinya sendiri ke narkoba / alkohol dan mungkin menggunakan energi terpendamnya dalam menggunakannya dengan cara yang lebih baru. Pahami garis privasinya dan alibi-nya untuk menggunakan narkoba secara pribadi, bersembunyi dari Anda. Tunjukkan keterlibatan penuh Anda dalam pembicaraan dan tugasnya. Pastikan dia tidak mengambil apa pun dengan santai. Jika dia kehilangan ketulusannya dan mulai membuang-buang waktu, dia akan kehilangan kesadarannya, yang mungkin menjadi alasan untuk kambuh. Dalam pengobatan, mereka diajarkan banyak filosofi tidak tertulis, seperti No Free Meals dan Being Aware Is Being Alive. Mereka harus mempraktikkannya dan untuk mempraktikkannya, Anda harus menjadi panutan mereka juga. Juga, pastikan ritme sirkadiannya tidak berubah, yaitu siklus tidurnya dan bahkan kebiasaan makannya tetap sehat.

Tersedia Secara Emosional

Selalu tersedia secara emosional baginya. Ada kalanya kita semua merasa rendah. Rupanya, mereka yang menjadi pecandu, mekanisme koping mereka terotomatisasi terhadap obat-obatan terlarang dan alkohol atau hanya membahayakan diri sendiri. Jadi, setiap kali Anda melihat bahwa orang yang Anda cintai menjadi sedih dan negatif tentang kehidupan, atau telah memilih sudut diam untuk dirinya sendiri untuk periode waktu yang terus-menerus, Anda perlu campur tangan. Masak untuknya dan minta dia untuk membantu, memainkan musik yang bagus, pergi keluar untuk makan siang atau makan malam yang menyenangkan, menyegarkan beberapa kenangan masa kecil. Ada banyak hal yang harus dilakukan bersama. Perawatan tidak berakhir dengan pecandu keluar dari pusat rehabilitasi. Jangan menganggapnya enteng. Dia membutuhkan perasaan cinta dan memiliki, lebih dari yang dibutuhkan orang lain. Dan pada saat yang sama, jangan melakukan kesalahan ini dengan memintanya untuk mengonsumsi sedikit alkohol atau merokok sesekali di pertemuan sosial, berpikir bahwa itu dapat mengangkat suasana hatinya dan Anda mengawasinya, jadi dia menang ‘ t keluar dari kendali. Seorang pecandu tidak pernah puas dengan kacang. Dia akan kembali ke intensitas yang sama lagi.

Jangan Takut

Jangan abaikan amarahnya dan lebih dari itu, jangan takut karenanya. Jangan takut ancaman mencelakakan diri dia akan melayang di depan Anda. Jika dia kehilangan ketenangannya karena hal-hal kecil dan membentak semua yang Anda katakan, berhati-hatilah. Karena itu menunjukkan bahwa ia akan kembali menggunakan zatnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *